Prakerin Duta Karya

PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)

SMK DUTA KARYA KUDUS

 

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Duta Karya merupakan lembaga pendidikan formal kejuruan tingkat menengah dengan program keahlian (Kompetensi Keahlian): (1) FARMASI, (2) KIMIA INDUSTRI, dan (3) ANALIS KESEHATAN. Seperti halnya SMK pada umumnya, SMK Duta Karya juga berkewajiban membekali siswa/i-nya dengan pendidikan dan ketrampilan sesuai dengan kompetensi keahliannya sehingga diharapkan setelah lulus nanti mereka siap bekerja, berwirausaha, ataupun melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Siswa/i SMK tidak cukup mendapatkan pendidikan dan ketrampilan sesuai dengan kompetensi keahliannya meskipun dalam pembelajaran suasananya telah disesuaikan seperti apa yang terjadi di Industri. Siswa perlu mengetahui, melihat, dan merasakan secara langsung apa saja tentang industry di mana tempat mereka bekerja nanti sesuai dengan kompetensi keahliannya. Oleh karena itu SMK Duta Karya memandang perlu adanya praktik kerja di industri bagi siswa yang disebut praktik kerja industri (Prakerin).

Praktik kerja industri merupakan pendidikan sistem ganda (PSG), karena terjadi perpaduan antara pendidikan yang didapatkan di sekolah dengan pendidikan yang didapatkan di industri dalam bentuk praktik kerja nyata (penerapan ilmu yang didapatkan di sekolah) sesuai dengan kompetensi keahliannya. Di industri siswa bukan hanya melihat, mengetahui, dan merasakan secara langsung tetapi mereka akan mendapatkan pengalaman yang dibutuhkannya ketika bekerja setelah lulus nanti.

TUJUAN

  1. Memberikan gambaran mengenai organisasi, struktur, cara, situasi dan kondisi kerja yang ada di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI), yaitu Apotek, Puskesmas, Rumah sakit dan Industri Farmasi untuk kompetensi keahlian Farmasi; industri yang melibatkan proses kimia dalam pengolahan/ produksinya seperti Industri makanan, minuman, rokok, kosmetik, obat, pupuk, plastik, kertas, tekstil, dll untuk kompetensi keahlian kimia industri; dan laboratorium klinik yang ada di Rumah sakit, Puskesmas, LabKesDa, LabKesProp, swasta, dan PMI untuk kompetensi keahlian Analis kesehatan. Sehingga mendapat gambaran mengenai fungsi peran dan tugasnya di Du/Di sesuai dengan kompetensi keahliannya.
  2. Mempersiapkan siswa/i SMK Duta Karya sebagai calon Asisten Apoteker (AA), Analis laboratorium, operator produksi, dan teknisi laboratorium industri kimia untuk dapat menjalani profesinya secara profesional, handal dan berkualitas serta mampu menjawab tantangan sesuai dengan yang ada di DU/DI.

MANFAAT

  1. Siswa memperoleh pengalaman kerja sesuai dengan bidang keahliannya sehingga mereka tahu bagaimana, seperti apa, dan kemana akan bekerja setelah lulus nanti.
  2. Dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa, sehingga mereka berani menentukan langkah dan mengambil keputusan kemana akan bekerja.
  3. Memperoleh pengalaman kerja sehingga siswa dapat menentukan kemana akan melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi sesuai dengan minat dan bakatnya.
  4. Dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah setelah selesai Prakerin dalam rangka menggapai cita – cita.
  5. Menambah relasi dari DU/DI sehingga siswa mendapat informasi lowongan kerja ketika lulus nanti.
  6. Meningkatkan kerjasama antara sekolah dengan DU/DI dalam bidang pendidikan dan kebutuhan tenaga kerja di industri.

Untuk Mengetahui Tahapan dan Penyusunan dalam melaksanakan Prakerin bisa Download Panduan Prakerin pada Link dibawah ini

Panduan Prakerin SMK Duta Karya Kudus

Comments are closed